Cara Membuat kue Onde Onde

Cara Membuat kue Onde Onde

Kue onde-onde  memang sudah amat terkenal sekali apalagi untuk isi kacang hijau yang rasanya itu bikin ngangenin. Kue tradisional yang sudah ada sejak turun temurun ini memang enak sekali apalagi jika dinikmati saat waktu santai ditemani segelas teh hangat. Dari segi tampilannya kue ini sudah sangat khas sekali karena bentuknya bulat yang di kelilingi biji-bijian, oleh karena itu anda pasti sudah kenal betul kue ini.

Baca Juga Informasi :

Ingin coba bikin langsung onde onde enak ini, sabar dulu jangan tergesa-gesa baca seksama terlebih dahulu bahannya karena tanpa itu anda tidak akan bisa membuatnya. Ada beberapa jenis dari kue onde onde namun yang paling mudah ditemukan dan banyak dijual yaitu isi kacang hijau. Ada juga sih jenis onde onde ketawa tapi mungkin kali ini anda bisa mengetahui jenis isi kacang hijau dahulu ya sobat. Ada yang bilang sih makanan ini khas jawa tapi di daerah kalimantan juga banyak sekali yang menjualnya mungkin karena sudah amat terkenal sekali makanya sudah tersebar di seluruh penjuru negeri.

Sebenarnya sih kalau anda tidak ingin repot anda bisa beli yang sudah jadi, tapi bagi seorang yang penasaran dan selalu ingin tahu dalam hal masakan pasti harus coba. Meskipun bisa aneka kue lainnya tapi rasanya tidak afdhol kalau belum nyoba membuat onde onde, karena memang kita harus terus melestarikan jenis-jenis kue tradisional agar tetap terus ada sepanjang zaman.

Bahan yang  anda siapkan :

Bahan kulitnya

250 gram gula pasir

1 sendok teh garam

150 mili liter air hangat

500 gram tepung ketan

1/2 sendok teh vanila bubuk

75 gram tepung beras

Membuat kulitnya :

Campurkan tepung ketan, tepung beras, vanilli bubuk, garam. aduk hingga rata. Tuang air panas secara perlahan sambil di uleni hingga tidak terasa lengket ditangan.

Bahan isi kacang hijau

100 gram gula pasir

1/4 sendok teh vanila bubuk

250 gram kacang hijau, kupas kulitnya

1/2 sendok teh garam

Bahan lainnya

biji wijen

air dingin

minyak goreng

Membuat isinya: rendam kacang hijau sekitar 3-4 jam, lalu cuci bersih. Kukus kacang hijau hingga empuk, lalu haluskan. Campurkan garam, gula, vanilli dan aduk hingga rata.

Cara membuat onde onde enak

Ambil sedikit adonan kulit onde-onde, lalu bentuk pipih. Kemudian buat menjadi cekung, lalu isi dengan bahan isi kacang hijau. Kemudian tutup dan bentuk bulat.

Celupkan kedalam air dingin dan gulingkan pada taburan wijen hingga merata diseluruh permukaan adonan.

Panaskan minyak lalu goreng onde onde tersebut hingga mengapung dan berwarna keemasan itu tandanya sudah matang.

Cara Membuat kue Onde Onde (4).jpg

Wah pasti setelah tahu resep onde onde ketawa isi kacang hijau tersebut anda pasti langsung berniat untuk membuatnya iya kan. Untuk bagian isinya bisa anda ganti juga dengan gula merah bagi yang suka manis-manis maka patut untuk dicoba tuh. Jenis kue ini memang sudah diakui masyarakat rasa enak serta lembutnya saat digigit. Maka tanpa pikir lama buruan anda coba bikin dan tak ada salahnya jika ini bisa menambah wawasan seputar memasak sobat. Kalau tangan anda masih gatal ingin bikin sesuatu maka bisa juga coba Resep Bolu Pisang.

Cara membuat kue onde-onde,

Kue onde gula,

Buat kue onde warna,

 Resep kue onde onde ketan,

Tinggalkan komentar